Friday, July 20, 2012

Studi Kasus : Aplikasi View MySQL pada aplikasi Perpustakaan (Bagian 2)

Dari artikel di bagian pertama tersebut, kita dapat melihat database beserta table-tabelnya. Dan jika kita ingin menampikan data daftar buku yang sedang di pinjam beserta buku yang di pinjam, maka kita akan menggunakan sintaks query MySQL seperti dibawah ini :

  1. SELECT
  2. t1.id_kembali,
  3. t2.nama_anggota,
  4. t2.alamat_anggota,
  5. t3.judul_buku,
  6. t3.penulis_buku,
  7. t3.penerbit_buku,
  8. t1.tgl_kembali
  9. FROM
  10. kembali t1,
  11. anggota t2,
  12. buku t3
  13. WHERE
  14. t1.id_anggota=t2.id_anggota and t1.id_buku=t3.id_buku



Nah, jika query seperti diatas sering sekali kita panggil, tentu akan sedikit repot. Misalnya Anda membuat program, yang kemudian isinya menampilkan query diatas, kemudian query tersebut diletakkan dibeberapa tempat (semisal dibagian ini, bagian itu, dan lain-lain yang intinya tersebar di beberapa bagian program), tentu source code program anda akan kelihatan "ramai". Disinilah perlunya kita membuat sebuah view yang akan memudahkan kita dalam membuat sebuah query yang lebih sederhana.


Bagaimana cara membuat View?


Cara membuat view sangat lah mudah, kita hanya perlu menambahkan sintaks CREATE VIEW AS pada awal sebuah sintaks query MySQL. Untuk kasus diatas, maka untuk mebuat view kita bisa menggunakan sintaks dibawah ini.

  1. CREATE VIEW view_kembali AS
  2. SELECT
  3. t1.id_kembali,
  4. t2.nama_anggota,
  5. t2.alamat_anggota,
  6. t3.judul_buku,
  7. t3.penulis_buku,
  8. t3.penerbit_buku,
  9. t1.tgl_kembali
  10. FROM
  11. kembali t1,
  12. anggota t2,
  13. buku t3
  14. WHERE
  15. t1.id_anggota=t2.id_anggota and t1.id_buku=t3.id_buku


Maka secara otomatis, database “perpustakaan” akan memiliki sebuah table baru yaitu “view_kembali” yang sebenarnya bukan table yang nyata, tetapi table virtual hasil penggabungan 3 tabel lainnya yaitu table anggota, buku dan kembali. Field-field dari “view_kembali ini akan terlihat sama persis dengan hasil query pada gambar diatas. Nah nantinya, jika anda ingin mendapatkan data dari pengembalian buku ini, anda tidak perlu lagi memanggil dengan sitaks query yang rumit, tetapi cukup dengan sintaks seperti di bawah ini :
  1. SELECT * FROM `view_kembali`


Mudah bukan?? Nah, nantinya setiap penambahan data pengembalian buku di table kembali, maka secara otomatis data di table view_kembali akan bertambah juga. Sekarang anda sudah bisa menciptakan program dengan kode yang jauh lebih sederhana, namun dengan fungsi yang sama dan lebih mudah dipahami.

Sampai disini dulu artikel saya ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Dan jika anda tidak keberatan, silahkan di share artikel ini ke teman-teman Facebook atan Twitter anda, mana tau ada teman lain yang memerlukan artikel ini. Untuk men-share-kan artikel ini cukup mudah, anda cukup komentari artikel ini dengan ID Facebook anda atau tekan Tombol Like atau SHARE facebook di bawah ini.

Sumber : http://aplikasiphp.com


Anda ingin mencari refrensi dan contoh program lengkap ? Kami ada. Sekarang Anda bisa mencari Download PHP Script di situs ini : http://www.bunafitkomputer.com. Koleksi program lengkap di sana, proyek PHP dan MySQL, juga jQuery dan Framework. Bukunya juga ada.

No comments:

Post a Comment