Friday, July 20, 2012

Menampilkan Komentar Terakhir Ala Facebook pada Blog Pribadi

Sudah beberapa hari ini, belum ada postingan terbaru lagi dari AplikasiPHP.com. Admin blog ini sebenarnya ingin sekali setiap hari memposting satu postingan, namun dikarenakan kesibukan yang begitu padat, memaksa admin untuk menunda niat itu. Dan kali ini saya akan memposting kembali artikel tutorial yang mudah-mudahan membantu anda semua. Berbeda dengan topic-topik sebelumnya yang sering berkatian dengan CodeIgniter atau MYSQL, kali ini artikel saya akan berkaitan dengan Facebook.


Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa facebook sudah menjadi ‘hal wajib’ dalam kehidupan sekarang ini. Bahkan sangat mudah kita menemukan orang-orang yang hamper setiap saat bersinggungan dengan FB. Nah hal ini tentunya sangat besar manfaatnya, jika kecendrungan ini kita gunakan untuk memajukan blog/website kita. Salah satu yang bisa kita manfaatkan adalah Form Komentar ala Facebook di Blog pribadi seperti yang saya gunakan di blog ini. Dengan menggunakan ID Facebook sebagai ID untuk mengomentari artikel, akan memudahkan pengunjung dan admin blog untuk berinteraksi.


Nah yang menjadi permasalahan adalah, dengan menggunakan Facebook sebagai flatform komentar di Blog pribadi, kita akan kesulitan menampilkan komentar terakhir dari keseluruhan blog. Misalkan kita memiliki 10 halaman artikel, yang mana masing-masing dilengkapi form komentar sendiri-sendiri. Kita ingin mengetahui 10 komentar terakhir dari semua halaman tersebut. Hal ini kita perlukan untuk memudahkan kita melihat siapa yang mengomentari blog kita tanpa harus membuka setiap halamnnya satu-persatu. Ini juga saya alami di Blog ini, dimana saya sangat menginginkan adanya fitur ini. Di Wordpress atau BlogSpot, fitur ini bisa dikatakan adalah fitur standart. Namun karena blog ini adalah buatan pribadi saya menggunakan LunkCSM, tentu saya juga harus membuat fitur tersebut dengan tangan sendiri.


Pada awalnya saya pribadi sangat kesulitan, karena saya belum pernah menemukan fitur yang sama seperti ini di dunia maya. Saya sudah coba cari di Google maupun dengan bergabung di forum luar negeri, tetapi tetap saja saya belum menemukan solusi yang tepat. Kebanyakan hanya membahas sedikit saja, tanpa member solusi yang nyata. Akhirnya saya mempelajari Facebook API dimana saya memfokuskan diri mempelajari Facebook Query Language (FQL). Mempelajari ini tidak lah mudah, memerlukan usaha extra supaya bisa mengerti.


Dan setelah lumayan mengerti, saya memutuskan membuat Fitur penampilkan 10 komentar terakhir menggunakan Facebook API pada blog saya ini. Dan setelah melalui perjuangan yang sangat melelahkan yaitu membuat program (coding) selama 10 jam nonstop (sebenarnya ada break sebentar buat makan dan ke toilet) akhirnya saya berhasil menciptakan fitur Komentar terakhir yang di inputkan pengunjung di seluruh blog. Hasilnya dapat anda lihat di sebelah kanan blog ini. Jika anda memberikan komentar di salah satu form komentar di blog ini, secara otomatis Nama Facebook anda akan tercatan disana beserta link ke halaman blog yang anda komentari. Perhatikan gambar di bawah ini :

Komentar terakhir ala Facebook pada blog pribadi

Adapun aplikasi yang saya bangun ini memanfaatkan Facebook Query Language (FQL). Fitur ini sebenarnya sangatlah rulit, sehingga kita cari dari Google pun kita sangat kesulitan menemukan solusinya. Nah disini saya ingin membagikan sedikit ilmu saya bagi pembaca sekalian. Misalnya kita ingin menampilkan komentar terakhir pada halaman List Project di website ini. Untuk menampilkannya kita menggunakan kode sederhana dari FQL ini adalah seperti kode di bawah ini :


  1.  
  2. $datanya = array(
  3. 'appId' => 'masukkan Application ID anda',
  4. 'secret' => 'Masukkan Secreat Aplication anda',
  5. 'cookie' => true,
  6. );
  7. $this->load->library('facebook',$datanya);
  8. $fqlNya = "SELECT post_fbid, fromid FROM comment
  9. WHERE object_id IN (SELECT comments_fbid
  10. FROM link_stat
  11. WHERE url ='http://aplikasiphp.com/index.php/list_project/')
  12. order by time DESC limit 10";
  13. $param = array( 'method' => 'fql.query', 'query' => $fqlNya, 'callback' => '' );
  14. $hasilnya = $this->facebook->api($param);
  15. foreach($hasilnya as $keys => $values) :
  16. echo $values['fromid']." on ".$values['post_fbid'];
  17. echo "<hr>";
  18. endforeach;
  19.  


Nah permasalahnnya, kode diatas hanya akan menampilkan komentar dari satu halaman saja. Sementara bisa saja blog kita terdiri dari banyak halaman yang semuanya di lengkapi dengan form komentar ala facebook. Bagaimana caranya supaya semua komentar terakhir dari semua halaman terbaca?? Tunggu artikel saya selanjurnya ya… udah capek neh, mau tidur dulu.. heheh


Sampai disini dulu artikel saya ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Dan jika anda tidak keberatan, silahkan di share artikel ini ke teman-teman Facebook atan Twitter anda, mana tau ada teman lain yang memerlukan artikel ini. Untuk men-share-kan artikel ini cukup mudah, anda cukup komentari artikel ini dengan ID Facebook anda atau tekan Tombol Like atau SHARE facebook di bawah ini.

Sumber : http://aplikasiphp.com
 



Anda ingin mencari refrensi dan contoh program lengkap ? Kami ada. Sekarang Anda bisa mencari Download PHP Script di situs ini : http://www.bunafitkomputer.com. Koleksi program lengkap di sana, proyek PHP dan MySQL, juga jQuery dan Framework. Bukunya juga ada.

No comments:

Post a Comment